Pesona Pantai Indrayanti Atau Pulang Sawal Di Gunungkidul

Pesona wisata pantai di Jogja terutama di Gunungkidul memang tidak bisa dianggap remeh. Ada banyak pantai yang bisa Anda jadikan sebagai lokasi berlibur Anda dengan kekasih, teman, bahkan keluarga. Oleh karena itu Anda bisa mencoba mengunjungi salah satu landmark di Gunungkidul, yaitu Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Sawal.

Pesona Pantai Indrayanti, Pantai Jogja Rasa Bali

Kenapa disebut sebagai Pantai Pulang Sawal ? Nama ini sebenarnya diambil dari sebuah desa di dekat pantai yang bernama Desa Pulang Sawal. Nama resmi ini diberikan oleh Pemerintah Gunungkidul saat pembukaan pantai. Namun karena pengaruh media sosial, nama Pulang Sawal kini sudah tergeser menjadi Pantai Indrayanti, seperti yang kita kenal saat ini. Nama Indrayanti sendiri berasal dari sebuah kafe di dekat pantai yang bernama Kafe Indrayanti.

Saat Anda sampai di Pantai Indrayanti, Anda akan disuguhi pemandangan laut Samudra Hindia yang biru jernih serta hamparan pasir putih yang memanjang dari ujung barat dan timur. Banyak pengunjung yang menyebut jika Pantai Indrayanti memiliki pemandangan yang mirip Bali alias pantai Jogja rasa Bali. Kondisi pantai ini sangat terawat dan bersih. Anda akan di denda 10.000 rupiah jika ketahuan membuang sampah sembarangan.

Di saat – saat tertentu, Anda pun bisa melihat ubur – ubur di permukaan pantai hingga ikan – ikan yang menggelembung. Ada banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati juga, mulai dari gazebo, payung teduh, hingga kafe- kafe.

Akses Menuju Pantai Indrayanti

Pantai indah ini bisa Anda temukan di Desa Ngasem, Sidoharjo yang terletak di Kecamatan Tepus, wilayah Gunungkidul bagian timur. Jarak lokasi ini dari Kota Jogja cukup jauh yaitu sekitar 66 km atau sekitar 2 jam perjalanan. Namun jangan takut karena akses jalan menuju ke sini cukup lancar dan bagus.

Jika ingin menuju ke sini, Anda bisa melewati daerah Imogiri Timur di Bantul lalu melewati Kecamatan Panggang dan Kecamatan Saptosari hingga sampai di pintu gerbang wisata pantai selatan. Dari arah tersebut, Anda akan sampai di rute Pantai Baron. Anda harus menempuh 10 km lagi untuk sampai di Pantai Indrayanti. Untuk biaya masuknya Anda hanya harus membayar 10.000/ orang. Cukup murah bukan?